Bagaimana Cara Melaporkan Penampungan TKI Yang di Curigai Ilegal?

KONSULTASI

Komentar

RUBRIK KONSULTASI HUKUM

Pertanyaan menarik terkait, bagaimana cara melaporkan penampungan TKI yang di curigai ilegal.

Pertanyaannya:

Asalamualaikum, pak bagaimana caranya saya mau melaporkan penampungan TKI yang mau ke Saudi? Saya belum tau legal atau ilegal, tapi yang jelas tetangga saya bikin paspornya juga di daerah Jawa Timur, padahal penduduk Cianjur Jawa Barat dan sponsor dan penampungannya ada di daerah Bogor

Jawabannya:

Walaikumsalam Wr. Wb. Kita bisa tahu apakah tempat penampungan TKI itu, legal atau ilegal dari daftar perusahaan yang ada di BNP2TKI. Kalau tidak terdaftar berarti ilegal. Seharusnya orang Cianjur buat paspornya di Jawa Barat bukan di Jawa Timur. Juga perusahaannya di Jawa Barat demikian juga tempat penampungannya.

Pengalaman saya saat bertugas di Satgas TKI sebagai Juru Bicara nya dan juga sebagai koordinator advokasi hukum dan bantuan hukum, masalah dokumentasi inilah yang mempersulit penanganan dengan cepat saat TKI mendpt masalah. Jadi harus ada pembekalan bagi TKI untuk tidak seenaknya dipermainkan oleh pihak ttn yg tdk bertgg jawab. Nanti nya TKI tsb atau keluarga nya yang mendapat susah/menderita. Soal melaporkan tempat penampungan ke arab saudi cukup dilakukan dgn BNP 2TKI.

Semoga jelas & bermanfaat.

Komentar

Tinggalkan Komentar