Hak Waris Yang Sudah Di Janjikan Tapi Tidak Kunjung Ditepati

KONSULTASI

Komentar

RUBRIK KONSULTASI HUKUM

Pertanyaan terkait dengan Hak Waris yang sudah di Janjikan.

Assalamualaikum, Wr. Wb. Pagi pak.. Màaf saya mau bertanya, saya memang bukan orang yang pintar hukum tapi saya selalu punya keinginan membatu siapa aja yang tidak tau soal hukum dan terkena masalah hukum, apalagi mereka rata-rata orang yang amat sangat susah. Mau bertanya sana sini gak tau kemana malah di bodohi.

Kemaren Ada kawan saya yang ingin minta bantuan, masalah pembangian waris antara ibunya dan kakak ibunya yg selama 35 tahun tidak pernah di kasih, malah terkesan Ada pembodohan, ingin menguasai sendiri warisan tersebut, yang mirisnya lagi ibu kawan saya itu sekarang dalam keadaan sakit, kebetulan semua bukti dokumen sudah saya baca kemaren dan saya dapat copynya.

Kemana harus saya bawa masalah ini pak. Soalnya si kakak ibunya cuma berjanji saja Dan sdh membuat surat pernyataan tapi tidak Ada realisasinya. Kawan saya cuma mau tantenya segera mungkin memberikan hak ibunya yg Selma 35 tahun itu di gantung

Kalau bapak bisa Ada waktu bisa saya ketemu dimana biar bapak baca ssmua dokumen yang di kasih ke saya oleh teman saya kemarin. Terima kasih pak?

Jawabannya:

Walaikumsalam Wr. Wb., mendengar cerita ibu teraebut tanpa melihat dulu dokumen yang ada maka terlihat ibu kawan anda, punya hak sebagai ahli waris karena kakaknya sudah membuat surat pernyataan untuk membagi harta waris yang ada.

Nah, sekarang bagamana menuntut agar hak nya tersebut diberikan oleh kakak nya.

Disinilah peranan seorang pengacara atau advokat dlm membantu/menyelesaikan persoalan yang ada. Ibu tersebut harus dibantu seorang pengacara dengan memberikan kuasa hukum untuk mensomasi atau memperingatkan kakaknya membagi sebagian harta warisan yg menjadi hak kliennya.

Apabila tetap tidak diindahkan maka tidak ada jalan lain kecuali menuntutnya dipengadilan. Pengacara yg baik dan teliti tentu akan melihat dulu kelengkapan dokumennya spt surat keterangan ahli waris, kartu kel, KTP dan juga hartanya apa saja sebelum melakukan somasi apalagi mengajukan gugatan melalui pengadilan.

Selain itu perlu dilakukan pertemuan langsung secara tatap muka atau yang biasa disebut konsultasi antara pengacara dgn kliennya agar lebih jelas dan lengkap persoalannya. Pengacara yang baik adalah pengacara yg menguasai dokumen yang ada, menguasai masalahnya dan juga melakukan persiapan sebelum bertindak menghadapi lawannya. Dalam bahasa Inggris dibilang, prepare, prepare dan prepare.

Saya bisa bantu meneliti dokumen yang ada, silahkan kirim ke alamat, Gani Djemat & Partners jl Proklamasi No 53, Menteng, Jkt Pusat, ditujukan kepada Humphrey Djemat. Semoga penjelasan ini sudah cukup memadai untuk membantu kawan ibu tersebut. Insya Alloh.

“Fiat Justitia Ruat Caelum
Hendaklah keadilan ditegakkan, walaupun langit akan runtuh.”

Lucius Calpurnius Piso Caesoninus (43 SM)

Terima Kasih

Komentar

Tinggalkan Komentar